Cara Menyembunyikan File Dan Folder -->

Punya Info | Media Pembelajaran Dan Informasi Masa Kini

Cara Menyembunyikan File Dan Folder

Cara menyembunyikan file atau folder di komputer memang merupakan langkah yang dipandang negatif dilakukan terlebih dari kalangan anak muda, namun cara ini tidak semuanya dilakukan orang untuk menyembunyikan file tabu berupa videos, gambar atau foto selingkuhan he he he. Cara menyembunyikan file atau folder di laptop ini sangat baik digunakan bagi mereka yang tidak ingin file baik videos, gambar, document yang merupakan file atau folder privasi diketahui oleh orang yang tidak berkepentingan terhadap suatu file tersebut misalnya suatu file document perusahaan yang sangat sensitif, tentu kita tidak ingin file tersebut dibaca oleh orang lain terlebih termodifikasi atau telah berubah isi file atau folder tersebut. 

Cara menyembunyikan file atau folder bisa dilakukan pada windows 7, windows 8 dan windows 10, dikarenakan cara menyembunyikan file atau folder tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga Jadi, tidak perlu khawatir kelebihan beban terhadap RAM Komputer atau Laptop anda yang kecil.

Agar langkah ini tidak menjadi susah dipahami terlebih dahulu saya ingin anda mengerti apa itu Drive dan apa itu partisi. Untuk melakukan cara menyembunyikan folder dan file tentunya kita meletakkannya pada suatu tempat penyimpanan atau pembagian penyimpanan baik itu flashdisk, SD card, Harddisk External, atau local disk yang tersedia.

Drive adalah suatu tempat penyimpanan, seperti Harddisk, Flashdisk, atau SD card Memory. Sedangkan Partisi adalah pembagian penyimpanan, seperti jika di windows Local Disk C, Local Disk D dan sebagainya.itu dia sedikit pengetahuannya, jika lebih pengen tahu bisa di searching deh agar lebih paham tentang drive dan partisi.

Sekarang kita lanjutkan Cara Menyembunyikan File Dan Folder, berikut langkah-langkahnya :


1. Tentukan file yang ingin disembunyikan terlebih dahulu dalam suatu folder, misalnya saya akan menyembunyikan file dalam folder "Punya Info", didalam folder ada File foto, document, video dan sebagainya.

2. Buka Command Prompt anda dengan cara menekan tombol windows pada keybord dan huruf R (Win+R) kemudian ketikan cmd dan tekan Enter , atau anda juga bisa membukannya dengan cara start>All Programs>Accessories>Command Prompt.



3. Setelah itu ketikkan lebel akhir yang berada pada partisi maupun drive anda contohnya disini folder saya berada di Drive Harddisk laptop dan Partisi G, maka saya ketikkan G: kemudian tekan Enter.



4. Lalu ketikkan cd nama folder anda dan tekan Enter jika folder anda berada pada folder lagi tetapi, karna nama folder saya Punya Info dan tidak berada didalam folder lagi, maka saya tidak perlu melakukan langkah Cd nama folder dan Enter akan tetapi langsung ke tahap 5.

5. Ketikkan attrib +h “nama folder” lalu Enter, maka folder anda akan tersembunyi.



6. Untuk menampilkan kembali folder anda cukup mengetikkan attrib –h “nama folder” lalu enter.



Tambahan : selain folder anda juga bisa menyembunyikan file contohnya attrib +h “foto.jpg”, selain itu jika folder atau file anda terlalu panjang maka gunakan tombol Tab pada Keyboard agar mempercepat pengetikkan. 

Itu dia Cara Menyembunyikan File Dan Folder di windows 7, windows 8, windows 10 Perangkat anda, jika tutorial ini bermanfaat bagi anda dan patut dishare, silahkan share keteman-teman anda. 

Untuk kunjungan dan share-nya saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya

Post Populer

Arsip Blog