Smartphone Chipset Qualcomm Memiliki Bug -->

Punya Info | Media Pembelajaran Dan Informasi Masa Kini

Smartphone Chipset Qualcomm Memiliki Bug


Smartphone chipset qualcomm memiliki bug, bug merupakan celah keamanan yang dapat dimanfaatkan sebuah hacker atau virus untuk menguasai perangkat anda. Saat ini didunia pengguna smartphone berchipset qualcomm sudah banyak sekali, bisa dibayangkan bagaimana hal ini sangat menguntungkan pihak penjahat. Bug yang ditemukan ini bernama Quadrooter, Quadrooter sendiri terdiri dari 4 buah celah keamanan yang berbeda-beda setiap perangkat. Bug satu ini tertanam pada sisi software yang mengatur tentang grafis dan kode mengelola komunikasi antar sistem yang beroperasi pada smartphone.

Dengan memanfaatkan salah satu celah keamanan ini, hacker mampu memperoleh dengan mudah akses “root” pada perangkat smartphone berchipset Qualcomm. Root merupakan suatu cara dimana kemampuannya yang lebih tidak dapat dilakukan non-root, perangkat smartphone yang di root mampu melakukan “permission” atau memiliki hak administrator untuk mengganti dan mengubah aplikasi sistem, setting bahkan menjalankan aplikasi tertentu yang tidak dimampu dilakukan user non-root.


Perangkat apa saja yang memiliki bug Quadrooter?

Perangkat smartphone yang menggunakan chipset/SoC dari Qualcomm dari snapdragon memiliki bug Quadrooter. Untuk perangkat smartphone yang memakai chipset dari Intel, Mediatek, Tegra, dan Exynos bug Quadrooter tidak ditemukan. Berarti amanlah anda jika pengguna chipset tersebut dari bug Quadrooter.

Cara Mendeteksi Bug Quadrooter Pada Smartphone?

Cara ini ampuh bagi anda yang tidak tahu chipset yang digunakan perangkat smartphone anda saat ini, Untuk mendeteksi Bug Quadrooter pada smartphone anda cukup menggunakan aplikasi Qualcomm QuadRooter Scanner atau QuadRooter Scanner. Pengunaanyapun cukup sederhana, dengan memasang dari PlayStore terlebih dahulu kemudian setelah selesai tinggal tap Scan. 

Alhamdulillah smartphone milik saya tidak memiliki bug Quadrooter, hal ini juga menandakan smartphone saya bukan berchipset Qualcomm.

Cara Menghilangkan Bug Quadrooter?

Untuk menghilangkan bug satu ini sedikit susah, karna bug ini memang sudah ada di driver ketika perangkat smartphone ini dibuat oleh pabrik. Lakukan update software perangkat smartphone anda jika tersedia, dengan begini kemungkinan hacker sulit untuk menembus pertahanan dari sisi bug Quadrooter.

Vendor smartphone yang baik selalu menyediakan update software perangkatnya, untuk itu jika anda mendapatkan notifikasi berupa Update Software atau update android maka sebaiknya lakukan saja!. Kerugian yang anda dapat hanyalah kuota data internet yang habis namun tetap bisa diganti melalui wifi (Harus Terpercaya), dan disisi Keuntungan yang anda dapat adalah bisa jadi ada penyelesaian masalah celah keamanan/bug. Syam’s

Post Populer

Arsip Blog