Tips Mencegah Malware Di Android -->

Punya Info | Media Pembelajaran Dan Informasi Masa Kini

Tips Mencegah Malware Di Android



Malware merupakan jenis virus yang merusak atau mengganggu sebuah sistem komputer atau perangkat mobile. Cara kerja dari virus ini beda dengan jenis virus lainnya, namun memiliki tujuan yang sama yaitu keuntungan. Jika sebuah perangkat komputer maupun mobile telah terpasang malware maka dengan mudah sipembuat malware akan melakukan pencurian data penting, mulai dari foto, video, kontak, membuat panggilan atau mengirim SMS tanpa kita ketahui, mengganggu pengoperasian ponsel bahkan mencuri uang anda jika anda menggunakan pembayaran via ponsel.

Android adalah salah satu sistem operasi yang mudah disusupi sebuah malware, tentunya anda sebagai pengguna smartphone berbasis sistem operasi android tak ingin hal ini terjadi. Untuk itu sebagai pengguna smartphone android anda dapat melakukan tips mencegah malware android berikut ini :

Download dan install dari sumber Terpercaya

Saat ini banyak pengguna android yang melakukan download dan install apk dari sumber lain selain Play Store, tentu hal ini berbahaya bagi smartphone anda jika apk tersebut telah di susupi sebuah malware. Jadi jangan sekali-sekali anda mendownload dan menginstallkan sebuah aplikasi dari sumber lain kecuali anda yakin situs tersebut aman dowload apk yang diberikan.

Ulasan dan peringkat aplikasi dari pengguna

Sebelum anda mendownload sebuah apk tidak ada salahnya anda melihat ulasan atau komentar orang yang terlebih dahulu menggunakannya, melihat peringkat yang diberikan mulai dari review yang baik hingga terburuk dan nilai tertinggi sampai terendah yang diberikan.

Pahami hak akses aplikasi sebelum install

Ketika anda memasang aplikasi anda akan diminta beberapa hak izin akses pada ponsel anda, disini banyak pengguna smartphone yang tidak memperhatikan lalu menekan ok atau install saja. Tentu ini merupakan kesalahan yang sangat fatal, sebagai pengguna smartphone anda dituntut juga harus smart/pintar. Dengan sedikit mau memperhatikan anda perlu membaca hak akses apa saja yang diminta sebuah aplikasi agar dapat berjalan dengan optimal ketika penginstallan. Dengan begitu anda akan aman dari aplikasi yang jail dengan hak akses yang berlebihan terhadap ponsel anda.

Pasang Aplikasi antivirus

Memasang aplikasi antivirus pada smartphone android sangatlah baik, dengan menginstall antivirus dan melakukan update secara teratur anda dapat mendeteksi sebelum atau sesudah menginstall aplikasi malware. Selain itu antivirus juga dapat mendeteksi situs-situs phising potensial, memberikan informasi jenis izin aplikasi, dan biasanya memiliki tools anti-loss yang dapat membantu untuk menemukan smartphone anda yang hilang.


Jangan me-root smartphone android anda


walaupun dengan me-root anda dapat melakukan beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh ponsel yang belum di root, tentu kerugian juga anda dapatkan dengan tindakan ini. Mulai dari keamanan anda yang sudah mudah disusupi oleh virus hingga mudahnya hacker menyerang pada smartphone anda.


Itu dia beberapa tips mencegah malware yang dapat saya sampaikan, lebih dan kurang saya minta maaf. Syam’s


Post Populer

Arsip Blog