TIPS Aman Menggunakan HARDDISK (External) atau FLASHDISK Agar TidakKehilangan File

Punya Info | Media Pembelajaran Dan Informasi Masa Kini

TIPS Aman Menggunakan HARDDISK (External) atau FLASHDISK Agar TidakKehilangan File

Saat ini pengguanaan tempat penyimpanan tambahan adalah hal yang lajim dimasyarakat, terlebih lagi para pekerja, siswa dan mahasiswa. Mulai dari 2GB hingga 128GB kapasitas yang ditawarkan oleh merk Flashdisk. Namun berbeda dengan Harddisk, kapasitas yang ditawarkan jauh lebih besar mulai dari 320GB hingga 2TB (2000GB) dan bentuk ukuran juga jauh lebih besar dibandingkan Flashdisk. Disisi berbedanya itu ternyata memiliki cara penggunaan yang sama, mulai dari pemasangan hingga pelepasan dari perangkat komputer (PC) atau Laptop anda. Hal inilah yang selalu kita abaikan yaitu penggunaan flashdisk dan harddisk yang tidak benar, memasang dengan cara yang salah dan melepaskan dengan cara yang salah juga. Dengan cara yang salah anda dapat merusak file yang berada di flashdisk atau harddisk yang dipasangkan pada perangkat PC anda, bahkan juga bisa merusak perangkat PC, flashdisk dan harddsk.

Berikut cara penggunaan yang benar flashdisk atau harddisk agar file anda tidak hilang:



  1. Sekali pasang, maksudnya ketika anda memasangkan flashdisk atau harddisk anda pada PC anda. Cobalah pasang dengan benar dengan sekali memasukkan pada portnya, jangan pernah jika mengalami ragu kemudian mencabutnya kembali secara langsung. Hal ini dapat menimbulkan terjadi Lost Connection antara PC dan Flashdisk atau Harddisk, file yang sedang dibaca PC  pada flashdisk atau harddisk akan hilang diperjalanan pembacaan.

  2. Jangan Goyang, cobalah untuk tidak sekali pun tergoyang flashdisk atau harddisk yang terpasang pada perangkat PC sebelum melakukan pelepasan terhadap perangkat dengan benar. Hal ini juga dapat mengakibatkan lost connection, cobalah perhatikan setiap gerakan anda atau teman anda disekitar flashdisk atau harddisk.

  3. Pasang cabut-cabut pasang, utamakanlah penggunaan sekali saja dalam melakukkan transfer file, hal ini memang tidak begitu mengganggu tetapi tetap perlu diperhatikan. Flashdisk atau harddisk juga memiliki batas waktu dan batas kekuatan daya tahan dari perangkat tersebut. Jika keseringan melakukan pasang cabut, dapat menimbulkan sedikit demi sedikit kerusakan pada USB flashdisk atau harddisk.

  4. Eject Dulu, dari semua tips yang disampaikan diatas hal ini yang paling fatal dalam penggunan flashdisk atau harddisk, yaitu melakukan semua kesalahan tanpa terlebih dahulu melakukan pelepasan dengan benar pada perangkat PC anda. Karna dapat merusak baik dari sisi file didalamnya juga pada flashdisk atau harddisk. Cara melakukan eject flashdisk atau harddisk yang benar.

Jika kerusakan yang di alami berupa kehilangan file, hal ini masih bisa diperbaiki (recovery file) caranya disini dengan menggunakan software baik itu yang berbayar ataupun yang free. Namun jika flashdisk atau harddisk tersebut yang mengalami kerusakan, tentulah anda harus sedikit mengeluarkan uang anda untuk memperbaikinya kepada service yang ahli hal ini. Syam

2 komentar:

  1. Ijin pelajari ya mas

    BalasHapus
  2. silahkan gan, jangan sungkan-sungkan. terima kasih telah berkunjung gan.

    BalasHapus

Post Populer

Arsip Blog