Penggunaan Head Pada Bahasa HTML

Punya Info | Media Pembelajaran Dan Informasi Masa Kini

Penggunaan Head Pada Bahasa HTML

Penggunaan head pada bahasa html, pada kesempatan ini saya ingin berbagi sharing tentang coding tag head, coding ini sangatlah penting dalam bahasa pemograman Html. Bagi seorang programer web profesional kata head sudah tidak lagi baru baginya, tetapi bagi pemula pemograman web hal ini haruslah dipelajari.

penggunaan head pada bahasa html

Kata head atau Header jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia, artinya adalah kepala. Kepala yang dimaksud dalam bahasa html adalah awal atau paling atas. Header juga bisa didefinisikan sebagai tanda pengenal pada halaman yang akan dibuat. Dalam penggunaannya head digunakan dengan tag <head> dan ditutup dengan </head> perbedaannya ada pada pada tanda / tidak begitu mencolok namun fungsinya sangatlah penting, tanpa tanda tersebut halaman yang akan dibuat bisa terganggu.

Agar sahabat punya info tidak bingung, saya akan berikan 2 contoh penggunaan tag <head> dan </head> pada sebuah halaman dan sebuah halaman dengan tanpa penutup tag </head>


1  Berikut ini contoh penggunaan tag head <head> dan </head>

Silahkan dicoba pada notepad atau editor anda dan simpan dengan nama file 1.html :



<html>

<head>

<title>Belajar 1</title>

<meta charset="UTF-8">

</head>

<body>

<p>Pada percobaan kali ini coba perhatikan

<p>paling atas dari Browser anda

</body>

</html>



2  Berikut ini contoh tag head tanpa penutup  </head>

Silahkan dicoba pada notepad atau editor anda dan simpan dengan nama file 2.html:

<html>

<head>

<title>Belajar 1</title>

<meta charset="UTF-8">

<body>

<p>Pada percobaan kali ini coba perhatikan

<p>paling atas dari Browser anda

</body>

</html>


Apanya yang beda atau terganggu? Ya teman-teman pastinya bertanya seperti itu, memang tidak begitu terlihat namum seperti kata saya tadi “tanpa tanda tersebut halaman yang akan dibuat bisa terganggu” , yang saya maksud dalam hal ini adalah ketika anda melakukan indeksasi terhadap halaman web anda, pihak lain menganggap coding anda tidak begitu bagus, biar lebih jelas seumpama anda ingin mengindex halaman web anda agar dapat ditemukan di google, ketika mereka merayapi halaman web anda pengrayap google akan merasa terganggu karna ketidak sempurnaan coding halaman web anda. Hal ini akan bedampak buruk bagi halaman web anda, bisa jadi pengrayap google akan malas menghampiri halaman web anda, sehingga halaman web anda tidak tampil di mesin pencari google.

Maka dari itu dalam penggunaan tag html anda harus sangat berhati-hati, memang tidak begitu berarti bagi tampilan penggunaan tag <head> dan </head> namun untuk beberapa tag lain pembuka dan penutup sangatlah berpengaruh.

Ok sahabat punya info sampai disini dulu Belajar Pemograman web nya, saya akan terus menambah artikel pada kategori Bahasa Html dan Bahasa PHP serta kategori-kategori lainnya pada kesempatan yang lain.


Jika ada pertanyaan silahkan berikan komentar sahabat Punya Info pada form dibawah, jika bermanfaat silahkan diShare dan Like. Lebih dan kurang saya minta maaf. Syam

2 komentar:

  1. gan kapan kelanjutan dari html ni
    ditunggu ya

    BalasHapus
  2. maaf gan, tunggu dulu ya gan
    soalnya lgi padat kuliah
    insyaallah besok atau lusa saya berikan kelanjutannya

    BalasHapus

Post Populer

Arsip Blog