CARA MENGECEK KONDISI BATERAI LAPTOP

Punya Info | Media Pembelajaran Dan Informasi Masa Kini

CARA MENGECEK KONDISI BATERAI LAPTOP


Cara Mengecek Kondisi Baterai LaptopMembeli sebuah perangkat laptop tentulah harusnya sesuai dengan keinginan hati agar biaya yang kita keluarkan setimpal dengan perankat yang kita dapatkan, memilih mulai dari jenis Grafis, RAM, Harddisk hingga Processor yang dipadukan pada perangkat laptop tersebut. Sudah bayar mahal tapi kondisi perangkat buruk, tentu hal ini tidak diinginkan setiap pembeli. Selain dari beberapa yang disebutkan diatas tadi, kondisi baterai laptop jugalah harus diperhatikan setiap pembelian perangkat laptop baik itu baru maupun bekas (second). Untuk mengetahui kondisi baterai laptop yang ingin kita beli baik itu baru maupun bekas ada caranya. Cara mengecek kondisi baterai laptop yang akan saya sampaikan berikut menggunakan sistem operasi windows dan tidak menggunakan aplikasi tambahan anda hanya menggunakan command prompt yang disediakan oleh windows.

Berikut cara mengecek kondisi baterai laptop:

  1. Hidupkan perangkat laptop yang ingin dicek (jangan dicharger untuk mengecek kondisi baterai laptop).
  2. Klik start menu kemudian ketikkan “cmd” tanpa tanda kutip, kemudian klik kanan dan pilih Run as administrator.
  3. Akan tampil layar hitam dan ketikkan “Powercfg energy” tanpa tanda kutip kemudian tekan enter.
  4. Tunggu beberapa saat hingga menampilkan harsil seperti gambar dibawah ini.

Setelah proses analysis selesai anda buka Windows Explorer (My Computer) dan masuk pada C:\windows\system32\, dan cari didalam folder tersebut file “energy-report.html” terakhir buka file tersebut menggunakan browser yang anda miliki.

Untuk mengetahui kondisi baterai laptop baik atau tidak anda harus membandingkan Design Capacity dan Last Full Charge

Battery:Battery Information

Battery ID

HP

Manufacturer

HP

Serial Number

Chemistry

LiOn

Long Term

1

Design Capacity

23987

Last Full Charge

23987

Jika nilai antara Design Capacity dan Last Full Charge terlalu jauh maka bisa dipastikan kondisi baterai laptop tersebut tidak baik, sayangnya contoh gambar yang saya berikan diatas merupakan kondisi baterai laptop yang baik.

Baterai laptop memiliki batas usia yang sudah ditentukan oleh pabrik sipembuat, dan umumnya batas kondisi baterai laptop 2 tahun. Jika lebih dari itu maka kondisi baterai laptop tersebut akan mengalami pengurangan kemampuannya bahkan bisa sampai rusak. Syam’s

Post Populer

Arsip Blog