Tips sederhana amankan akun facebook

Punya Info | Media Pembelajaran Dan Informasi Masa Kini

Tips sederhana amankan akun facebook

Punya Info safe

PunyaInfo.com. Diera teknologi ini banyak pengguna dunia maya(dumay) yang memanfaatkan, mulai dari sekedar mencari informasi, berbagi informasi, hingga sebagai media komunikasi. Orang yang menggunakan teknologi dunia maya disebut netizen, sebagai contoh Punya Info merupakan Media Informasi. Nge-Blog, Sosmed, Portal Berita, hingga sekedar berselancar saja di google. Kenyamanan dan keamanan adalah salah satu faktor utama pastinya bagi kita pengguna internet. Jika anda pengguna yang sering berselancar didunia maya tentu tak ingin aktifitas pribadi anda diganggu, apapun yang anda cari di google tentu anda tak ingin orang lain mengetahuinya (inilah yang dinamakan privasi). Berbeda dengan nge-blog, sosmed dan membaca portal berita tentu anda ingin orang lain mengetahui juga walaupun ada juga yang bersifat non-publik. Facebook merupakan salah satu sosmed terbesar didunia maya, sebelumnya saya juga sudah posting tentang facebook klik link ini. Tentu saja kita sebagai pengguna tidak ingin akun milik kita diretas (di-hack) oleh orang yang tidak bertanggung jawab, beberapa hari yang lalu partner saya menyampaikan bahwa akun facebook miliknya telah diretas oleh orang, kemudian dia bertanya pada saya bisakah anda meretas facebook untuk mengembalikan akun facebook saya itu?

Sayapun merespon pertanyaan tadi dengan memberikan jawaban bahwa “meretas facebook itu tidak mudah, tetapi jika akun anda diretas orang, kita dapat mengembalikan kembali akun milik anda dengan cara pengaduan pada facebook”

Menerut pemahaman saya yang dimaksud dari pertanyaan dari partner saya tadi adalah mengembalikan kembali akun facebook miliknya, disini saya cukup prihatin bagi pengguna facebook betapa minimnya pemahaman mereka dengan cara pengembalian akun milik mereka.

Disini saya akan membeberkan beberapa tips untuk mengamankan akun facebook anda dari peretas.

1. Jangan berikan password akun facebook anda pada pacar.
Kenapa hal ini menjadi pertama dipenjelasan ini?, banyak pasangan kekasih saling memberikan atau bertukar akun facebook mereka, ada yang berkata bahwa ini untuk memberikan kepercayaan kita pada pasangan kita, ada juga sekedar ingin tahu siapa saja teman dia chat pada akun miliknya, dan yang paling sering saya temukan adalah takutnya pasangan kita selingkuh di facebook. Dampak buruknya adalah ketika pasangan kekasih ini mengakhiri hubungan mereka barulah salah satu cara yang tidak baik dilakukan yaitu menahan akun milik mantannya, biasanya para pelaku seperti ini hanya bisa mengganti password/kata sandi saja. Hal ini menurut saya wajar saja, untuk menangkis permasalahan tersebut baca cara mengembalikan akun facebook Lupa Kata sandi ini.

2. Jangan sembarangan meng-klik tautan/link yang tidak anda ketahui.
Dari beberapa kasus yang telah saya temukan, ada beberapa cara yang bisa digunakan para pelaku kejahatan dunia maya untuk menjebak korbannya yaitu dengan memberikan teks atau kata-kata seperti hadiah, berita vulgar atau undangan bermain judi dengan cara tersebut bisa dikirimkan pelaku dari chat. Untuk email para pelaku biasa mengirimkan gambar-gambar yang menurut kita menarik lalu mengkliknya, tanpa anda sadari anda telah masuk pada perangkap penjahat tersebut. Jadi berhati-hatilah meng-klik link yang mencurigakan baik itu dichat sosmed maupun di email anda.

3. Memilah permintaan pertemanan.
Tidak ada salahnya anda memilah/memfilter pertemanan anda disosmed, jika anda berfikir ini sedikit sombong jangan buru-buru seperti itu. Sebelum anda menerima pertemanan luangkanlah sedikit waktu anda untuk mencari lebih lanjut tentang orang yang mengirimi permintaan pada anda, bukan menghampiri dan melihat langsung dia tetapi coba cek profil pribadi dia, orang-orang yang berteman dengannya, dan coba cek status terakhir dia. jika mencurigakan dan anda tidak mengenalnya, jangan menerima pertemanan dari akun tersebut.

4. Aktifkan fitur login notification.
Fungsi dari fitur ini adalah mengirimkan anda informasi ketika terjadi aktivitas login pada akun facebook anda, informasi yang dikirimkan bisa diatur menuju email atau berupa sms pada nomor ponsel anda. Untuk mengaktifkan fitur ini baca selanjutnya,

5. Gunakan jaringan internet yang aman.
Jangan sembarangan login pada akun sosmed, email, blog atau melakukan pembayaran online pada jaringan warnet hal ini cukup berbahaya, kita tidak begitu tahu apakah jaringan yang kita gunakan benar-benar aman atau telah disusupkan spyware (aplikasi mata-mata) yang memantau pengetikkan kita pada keyboard hal ini bukan berarti saya memponis seluruh jaringan warnet tidak aman, sebaiknya coba cek terlebih dahulu aplikasi yang berjalan pada komputer yang anda gunakan atau gunakan virtual keyboard ketika memasukkan kata sandi. Metode ini biasa digunakan para hacker untuk mendapatkan kata sandi login anda. Selain warnet, wifi juga tidak luput dari serangan hacker, jadi jika anda login pada akun facebook menggunakan jalur internet warnet maupun wifi sebaiknya gunakan password sekali pakai. Password sekali pakai ini bisa anda peroleh dengan cara mengirimkan kata “Otp” ke 32665 (sesuaikan nomor dengan lokasi kartu anda), tidak lama kemudian anda akan menerima pesan pendek pada nomor yang sebelumnya telah anda daftarkan pada akun facebook anda.

6. Update anti-virus.
Banyak pengguna komputer yang meremehkan akan update anti-virus, mereka menganggap setelah anti-virus terinstal maka komputer mereka telah aman dari virus padahal ini merupakan pemikiran yang salah. Update anti-virus sangatlah penting bagi kelangsungan kenyamanan dan keamanan komputer dan data pribadi anda. Sebagai contoh jika virus tersebut dibuat pada tahun 2010 dan komputer anda terinstall anti-virus dengan versi keluaran 2012 maka besar kemungkinan komputer anda aman tetapi bagaimana anti-virus anda keluaran 2010 dan virus itu dibuat pada tahun 2012. Dengan meng-update/memperbaharui anti-virus pada komputer yang anda gunakan, anda memperkecil kemungkinan para hacker menggunakan virus untuk mengambil alih data atau akun sosmed, email, blog ataupun login pembayaran online.

Itu dia tadi tips dari saya untuk keamanan bermain didunia maya, saya sendiri juga menggunakan beberapa cara diatas. Ada banyak sebenarnya cara mengamankan akun anda sebagai contoh berikut.

3 komentar:

  1. Info bagus.,..

    BalasHapus
  2. poin no.6 betul sekali, saya sering menemui orang seperti itu.

    BalasHapus

Post Populer

Arsip Blog