7 HAL PENYEBAB KUOTA DATA INTERNET CEPAT HABIS -->

Punya Info | Media Pembelajaran Dan Informasi Masa Kini

7 HAL PENYEBAB KUOTA DATA INTERNET CEPAT HABIS

Kuota Data internet adalah kata yang sangat lumrah dimasyarakat saat ini, khususnya bagi pengguna smartphone baik itu yang muda maupun kalangan orang tua. Bagi pengguna smartphone, data internet adalah hal yang sangat penting sebagai pembantu untuk mencari informasi didunia maya, demi keefisienan. Jika hal ini terganggu (Kehabisan data internet) maka dapat mengganggu semua kebutuhan akan informasi.

Sebagai contoh, bagi pengguna smartphone android maupun ios tentulah pernah anda merasakan kehabisan data internet, padahal kuota dari data internet anda masih lama, sehingga sangat menjengkelkan dimana akses internet saat itu sangat diperlukan. Apakah penyebebnya? Itulah yang mungkin kata saat itu anda fikirkan.

Menurut yang saya telusuri ada beberapa hal sederhana yang namun juga berpengaruh bagi data internet smartphone anda cepat habis. Berikut hal sederhana tersebut dan cara mensiasatinya.



  1. Sambungan data/data connection

Cara mensiasatinya : Hentikan/ matikan koneksi internet jika anda tidak membutuhkanya (tidak rekomendari bagi pengguna media sosial) jika anda hanya menggunakan data internet untuk mencari informasi seperti portal web.



  1. Auto-sync

Cara mensiasatinya : nonaktifkan auto-sync yang tidak dibutuhkan jika anda bukanlah seorang pekerja yang membutuhkan koneksi dalam pekerjaannya.



  1. Data Usage/ Penggunaan data

Cara mensiasatinya : Cobalah untuk membatasi data internet anda, dengan cara ini anda akan mendapatkan informasi penggunaan data internet. Sebagai contoh, jika anda memiliki kuota data internet sebesar 1 GB, settinglah pada 500 MB anda menerima peringatan, kemudian setelah anda menerima peringatan naikkan menjadi 800 MB lagi hingga seterusnya seperti ini. jika anda menggunakan smartphone android, hal ini hanya bisa digunakan pada android versi 4.0 keatas dan bagi anda pengguna android  versi 4.0 kebawah bisa menggunakan aplikasi tambahan.



  1. Auto-update Google Play Store

Cara mensiasatinya : bukalah pengaturan google play smartphone anda dan unceklis pada bagian auto-update apps, hal ini sangat baik bagi anda yang tidak begitu sering menginstall aplikasi lain pada Google play store.



  1. Melihat foto atau video kapasitas besar

Cara mensiasatinya : Mulailah untuk bijaksana dalam melihat foto atau video yang bisa anda saksikan pada web yang dikunjungi. Ada beberapa website menampilkan video secara auto-Play, cobalah mensetting agar video yang ditampilkan tidak diputar secara auto.



  1. Download/mengunduh file besar

Cara mensiasatinya : Cobalah untuk tidak mengunduh suatu file baik itu berupa mp3, mp4, aplikasi, ataulain sebagainya jika tidak begitu penting, ada baiknya anda mengunduh menggunakan wi-fi namun anda tetap harus berhati-hati dalam mengunduh suatu file terlebih menggunakan wi-fi.



  1. Browser

Cara mensiasatinya : sebaiknya anda menggunakan browser dengan kompresi tingkat tinggi ketika anda sedang mengunjungi suatu website, dengan begini data internet anda tidak begitu banyak terkuras. Hal ini cukup bagus bagi anda yang sering membuka web portal.

Sebenarnya masih banyak hal yang harus di-setting agar kuota data internet anda tidak cepat habis namun 7 hal diatas sudah cukup untuk mengurangi pemborosan data internet smartphone milik anda dengan cara diatas selain dapat mengurangi kuota data internet sekaligus juga mengurangi biaya pengeluaran kebutuhan akses intenet anda. Syam

2 komentar:

  1. gan satu lagi ada
    auto play yang disediakan beberapa aplikasi untuk memutar video
    juga salah satu penyebab sering cepat habis kuota data internet

    BalasHapus
  2. iya betul gan itu juga salah satu penyebabnya

    BalasHapus

Post Populer

Arsip Blog